Sabtu, 16 November 2013

Ketakwaan Para Sahabat Nabi Besar Muhammad Saw. & Kesiapan untuk Berkorban di Jalan Allah



 بِسۡمِ اللّٰہِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِیۡم

Khazanah Ruhani Surah  Shād

Bab  73

Ketakwaan  Para Sahabat Nabi Besar Muhammad saw.  & Kesiapan Untuk  Berkorban   di Jalan Allah Swt.    

Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma
Dalam akhir  Bab sebelumnya  telah dikemukakan  mengenai  pengamalan sempurna Sifat-sifat  Rabbubiyyat, Rahmāniyyat, Rahīmiyyat dan pengamalan Mālikiyyat Allah Swt.   serta pengamalan   adil, ihsan dan iyta-i dzil- Qurba (memberi seperti kepada kerabat) yang diperagakan oleh Nabi Besar Muhammad saw.  sebagai suri teladan  terbaik, firman-Nya:
لَقَدۡ کَانَ لَکُمۡ  فِیۡ رَسُوۡلِ اللّٰہِ  اُسۡوَۃٌ حَسَنَۃٌ  لِّمَنۡ کَانَ یَرۡجُوا اللّٰہَ وَ الۡیَوۡمَ  الۡاٰخِرَ  وَ ذَکَرَ  اللّٰہَ  کَثِیۡرًا ﴿ؕ﴾
Sungguh dalam  diri Rasulullah benar-benar terdapat  suri teladan yang sebaik-baiknya bagi yang banyak mengingat Allah.  (Al-Ahzāb [33]:22).

Perang Khandak

  Pertempuran Khandak mungkin merupakan percobaan paling pahit di dalam seluruh jenjang kehidupan Nabi Besar Muhammad saw.,  dan beliau  saw. keluar dari ujian yang paling berat itu dengan keadaan akhlak dan wibawa yang lebih tinggi lagi. Sesungguhnyalah pada saat yang sangat berbahayalah --   yakni ketika di sekitar gelap gelita --  atau dalam waktu mengenyam sukses dan kemenangan --  yakni ketika musuh bertekuk lutut di hadapannya -- watak dan perangai yang sesungguhnya seseorang diuji; dan sejarah memberi kesaksian yang jelas kepada kenyataan bahwa Nabi Besar Muhammad saw., baik dalam keadaan dukacita karena dirundung kesengsaraan dan pada saat sukacita karena meraih kemenangan, tetap menunjukkan kepribadian agung lagi mulia.
   Jadi, pertempuran Khandak, Uhud, dan Hunain menjelaskan dengan seterang-seterangnya satu watak Nabi Besar Muhammad saw.  yang indah, dan Fatah Mekkah (Kemenangan atas Mekkah) memperlihatkan watak beliau saw. lainnya. Mara bahaya tidak mengurangi semangat beliau  saw. atau mengecutkan hati beliau saw., begitu pula kemenangan dan sukses tidak merusak watak beliau saw..
  Ketika  Nabi Besar Muhammad saw.    tertinggal   hampir seorang diri pada hari Pertempuran Hunain -- akibat ketergesa-gesaan pasukan yang berasal dari penduduk Mekkah yang baru masuk Islam  melakukan penyerangan terhadap musuh (QS.9:25-27) dan terpukul-mundurnya  mereka  itu  telah mengacaukan pasukan Muslim lainnya  yang sedang bergerak maju --  dan pada waktu  itu  nasib Islam berada di antara hidup dan mati, tetapi  Nabi Besar Muhammad saw.  tanpa gentar sedikit pun dan seorang diri belaka maju ke tengah barisan musuh seraya berseru dengan kata-kata yang patut dikenang selama-lamanya: “Aku nabi Allah dan aku tidak berkata dusta. Aku anak Abdul Muthalib.”
  Demikian pula  tatkala Mekkah jatuh dan seluruh tanah Arab bertekuk lutut maka kekuasaan yang mutlak dan tak tersaingi itu tidak kuasa merusak  akhlak dan ruhani Nabi Besar Muhammad saw.  Beliau saw. menunjukkan keluhuran budi yang tiada taranya terhadap musuh-musuh beliau saw. yang sangat zalim, yakni memaafkan mereka, sebagaimana yang juga telah dilakukan oleh Nabi Yusuf a.s. terhadap saudara-saudaranya (QS.12:92-93).

Kesaksian Para istri dan Sahabat Nabi Besar Muhammad Saw.

  Kesaksian lebih besar mana lagi yang mungkin ada terhadap keagungan watak Nabi Besar Muhammad saw.  selain kenyataan bahwa pribadi-pribadi yang paling akrab dengan beliau saw. dan yang paling mengenal beliau saw., mereka itulah yang paling mencintai beliau saw. dan merupakan yang pertama-tama percaya (beriman) akan misi beliau saw., yakni, istri beliau saw.yang tercinta, Sitti Khadijah r.a.; sahabat beliau sepanjang hayat, Abu Bakar r.a.,  ; saudara sepupu yang juga menantu beliau, Ali bin Abu Thalib r.a., dan bekas budak beliau yang telah dimerdekakan, Zaid bin Haristsah r.a..  Nabi Besar Muhammad saw.      merupakan contoh kemanusiaan yang paling mulia dan model yang paling sempurna dalam keindahan dan kebajikan.
  Dalam segala segi kehidupan dan watak Nabi Besar Muhammad saw. yang beraneka ragam, tidak ada duanya dan merupakan contoh yang tiada bandingannya bagi umat manusia untuk ditiru dan diikuti. Seluruh kehidupan  Nabi Besar Muhammad saw.    nampak dengan jelas dan nyata dalam cahaya lampu-sorot sejarah.
 Nabi Besar Muhammad saw.    mengawali kehidupan beliau saw. sebagai anak yatim dan mengakhirinya dengan berperan sebagai wasit yang menentukan nasib seluruh bangsa. Sebagai kanak-kanak beliau saw.  penyabar lagi gagah, dan di ambang pintu usia remaja, beliau saw. tetap merupakan contoh yang sempurna dalam akhlak, ketakwaan, dan kesabaran. Pada usia setengah-baya beliau saw, mendapat julukan Al-Amin (si Jujur dan setia kepada amanat) dan selaku seorang niagawan beliau  saw. terbukti paling jujur dan cermat.
 Nabi Besar Muhammad saw.     menikah dengan perempuan-perempuan yang di antaranya ada yang jauh lebih tua daripada beliau saw, sendiri dan ada juga yang jauh lebih muda, namun semua bersedia memberi kesaksian dengan mengangkat sumpah mengenai kesetiaan, kecintaan, dan kekudusan beliau saw..
 Sebagai ayah, Nabi Besar Muhammad saw.      penuh dengan kasih sayang, dan sebagai sahabat beliau saw. sangat setia dan murah hati. Ketika  Nabi Besar Muhammad saw.     diamanati tugas yang amat besar dan berat dalam usaha memperbaiki suatu masyarakat yang sudah rusak (QS.33:73; QS.30:42; QS.62:3) beliau saw. menjadi sasaran derita aniaya dan pembuangan, namun beliau saw. memikul semua penderitaan itu dengan sikap agung dan budi luhur.
  Nabi Besar Muhammad saw.  bertempur sebagai prajurit gagah-berani dan memimpin pasukan-pasukan. Beliau  saw. menghadapi kekalahan dan beliau saw. memperoleh kemenangan-kemenangan. Beliau saw. menghakimi dan mengambil serta menjatuhkan keputusan dalam berbagai perkara. Beliau saw. adalah seorang negarawan, seorang pendidik, dan seorang pemimpin.

Komentar Penulis  Non-Muslim &
Pengamalan  Sifat Rabbubiyyat Allah Swt.

    Sehubungan hal tersebut  Bosworth Smith  dalam bukunya Muhammad and Muhammadanism menulis:
Kepala negara merangkap Penghulu Agama, beliau adalah Kaisar dan Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus yang tidak berlaga Paus, dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan yang megah. Tanpa balatentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu, sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanyalah Muhammad, sebab beliau mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit, dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih atau roti jawawut, dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, beliau biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua belah kaki beliau bengkak-bengkak. Tidak ada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah telah berubah begitu sedikitnya.”
  Pendek kata, semua kenyataan mengenai suri teladan terbaik Nabi Besar Muhammad saw.  tersebut merupakan pengamalan sempurna dari Sifat-sifat Rabbubiyyat, Rahmāniyyat, Rahīmiyyat  dan   Mālikiyyat  Allah Swt. serta pengamalan  akhlak adil, ihsan dan iyta-i dzil- Qurba (memberi seperti kepada kerabat).
 Mengenai keberhasilan Nabi Besar Muhammad saw. dalam  melaksanakan Rabbubiyyat dalam segi mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul selanjutnya Allah Swt. berfirman:
وَ لَمَّا رَاَ  الۡمُؤۡمِنُوۡنَ الۡاَحۡزَابَ ۙ قَالُوۡا ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ  وَ رَسُوۡلُہٗ  وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ ۫ وَ مَا زَادَہُمۡ  اِلَّاۤ اِیۡمَانًا  وَّ  تَسۡلِیۡمًا ﴿ؕ﴾
Dan ketika orang-orang beriman melihat lasykar-lasykar persekutuan (ahzab) mereka berkata: “Inilah yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kami, dan Allah serta  Rasul-Nya telah mengatakan yang benar.” Dan hal itu tidak menambah kepada mereka kecuali keimanan dan kepatuhan. (Al-Ahzāb [33]:23). 
  Isyarat  ayat ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ  وَ رَسُوۡلُہٗ  وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ   -- “Inilah yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kami,  dan Allah serta  Rasul-Nya telah mengatakan yang benar.” ini ditujukan kepada kabar gaib tentang kekalahan lasykar persekutuan kaum kafir dan kemenangan Islam, firman-Nya:
جُنۡدٌ مَّا ہُنَالِکَ مَہۡزُوۡمٌ مِّنَ الۡاَحۡزَابِ ﴿﴾   کَذَّبَتۡ قَبۡلَہُمۡ قَوۡمُ نُوۡحٍ وَّ عَادٌ وَّ فِرۡعَوۡنُ  ذُو الۡاَوۡتَادِ ﴿ۙ﴾  وَ ثَمُوۡدُ وَ قَوۡمُ لُوۡطٍ وَّ اَصۡحٰبُ  لۡـَٔیۡکَۃِ ؕ اُولٰٓئِکَ  الۡاَحۡزَابُ ﴿﴾  اِنۡ کُلٌّ   اِلَّا کَذَّبَ الرُّسُلَ فَحَقَّ عِقَابِ ﴿٪﴾
Mereka itu  lasykar golongan-golongan perserikatan yang akan dikalahkan di sana. Sebelum mereka kaum Nuh,   ‘Ad dan Fir’aun yang memiliki lasykar-lasykar besar telah mendustakan pula. Dan suku Tsamud, kaum Luth dan  penghuni hutan, mereka itu golongan perserikatan.   Tidak lain  mereka semua  itu  melainkan mendustakan rasul-rasul,  maka pasti azab-Ku menimpa mereka. (Shād [38]:12-15). Lihat pula  QS.54:46.

Perbedaan Pengorbanan Jiwa Para Sahabat Nabi Besar Muhammad Saw. 
dengan Para Pelaku “Bom Bunuh Diri” di Akhir Zaman Ini

      Keteguhan hati para sahabat Nabi Besar Muhammad saw. untuk berkorban jiwa di jalan Allah Swt. tersebut dalam menghadap  lasykar-lasykar persekutuan yang sangat besar jumlahnya serta  sangat kuat perlengkapan perangnya  tersebut, bukanlah seperti perbuatan  jahil (bodoh) dan zalim (aniaya)  mereka yang menyukai tindakan kekerasan  serta para pelaku “bom bunuh diri  di Akhir Zaman ini  --  yang disebut “para pengantin” yang diiming-imingi akan mendapat hadiah  para “bidadari di  akhirat. 
      Perbuatan jahil dan zalim yang telah banyak  memakan korban  jiwa  orang-orang yang tidak berdosa – bahkan sesama Muslim  --  tersebut adalah sebagai  hasil dari dari “cuci-otak” yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab serta yang menyalah-tafsirkan ajaran Islam (Al-Quran), yang bertolak-belakang dengan semangat berjihad di jalan Allah Swt. yang dilakukan para Sahabat Nabi Besar Muhammad saw.   sebagai  hasil  pelaksanaan Sifat Rabbubiyyat   atau tarbiyat  sempurna Nabi Besar Muhammad saw. sebagaimana firman-Nya berikut ini:
بِسۡمِ اللّٰہِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِیۡمِ﴿﴾ یُسَبِّحُ  لِلّٰہِ مَا فِی السَّمٰوٰتِ وَ مَا فِی الۡاَرۡضِ الۡمَلِکِ الۡقُدُّوۡسِ الۡعَزِیۡزِ الۡحَکِیۡمِ ﴿﴾    ہُوَ الَّذِیۡ  بَعَثَ فِی  الۡاُمِّیّٖنَ  رَسُوۡلًا مِّنۡہُمۡ  یَتۡلُوۡا عَلَیۡہِمۡ  اٰیٰتِہٖ  وَ  یُزَکِّیۡہِمۡ وَ  یُعَلِّمُہُمُ  الۡکِتٰبَ وَ  الۡحِکۡمَۃَ ٭ وَ  اِنۡ کَانُوۡا مِنۡ  قَبۡلُ  لَفِیۡ ضَلٰلٍ  مُّبِیۡنٍ ۙ﴿﴾    وَّ اٰخَرِیۡنَ مِنۡہُمۡ  لَمَّا یَلۡحَقُوۡا بِہِمۡ ؕ وَ ہُوَ  الۡعَزِیۡزُ  الۡحَکِیۡمُ ﴿۳﴾  ذٰلِکَ فَضۡلُ اللّٰہِ یُؤۡتِیۡہِ مَنۡ یَّشَآءُ ؕ وَ اللّٰہُ  ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِیۡمِ ﴿﴾ 
Aku baca  dengan nama Allah, Maha Pemurah, Maha Penyayang.    Menyanjung kesucian  Allah apa pun yang ada di seluruh langit dan apa pun yang ada di bumi, Yang Maha Berdaulat, Maha Suci, Maha Perkasa, Maha Bijaksana.  Dia-lah Yang telah membangkitkan di kalangan bangsa yang buta huruf  seorang  rasul dari antara mereka, yang membacakan kepada mereka Tanda-tanda-Nya,  mensucikan mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah walaupun sebelumnya mereka berada dalam kesesatan yang nyata, (Al-Jumu’ah [62]:1-3).
   Keempat sifat Ilahi    الۡمَلِکِ الۡقُدُّوۡسِ الۡعَزِیۡزِ الۡحَکِیۡمِ  --  Yang Maha Berdaulat, Maha Suci, Maha Perkasa, Maha Bijaksana  itu    bertalian dengan keempat tugas  Nabi Besar Muhammad saw. yang tercantum di dalam ayat berikutnya, yaitu  یَتۡلُوۡا عَلَیۡہِمۡ  اٰیٰتِہٖ  وَ  یُزَکِّیۡہِمۡ وَ  یُعَلِّمُہُمُ  الۡکِتٰبَ وَ  الۡحِکۡمَۃَ  --  “yang membacakan kepada mereka Tanda-tanda-Nya,  mensucikan mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah.”
  Jadi, tugas suci  Nabi Besar Muhammad saw.  dalam rangka menciptakan “bumi baru dan langit baru” (QS.14:49) meliputi penunaian keempat macam kewajiban mulia yang disebut dalam ayat ini. Tugas agung dan mulia itulah yang dipercayakan kepada beliau saw., sebab untuk kedatangan beliau saw. di tengah-tengah orang-orang Arab buta huruf itu ribuan tahun sebelumnya leluhur beliau saw., Nabi Ibrahim a.s.,  telah memanjatkan doa   ketika dengan disertai putranya, Nabi Isma’il a.s., beliau mendirikan dasar (pondasi) Ka’bah (QS.2:128-130).
  Pada hakikatnya tidak ada Pembaharu (Reformer/Mushlih Rabbani) dapat benar-benar berhasil dalam misinya bila ia tidak menyiapkan dengan contoh mulia dan quat-qudsiahnya (daya pensuciannya), suatu jemaat (jama’ah) yang pengikut-pengikutnya terdiri dari orang-orang mukhlis, patuh, dan bertakwa, yang kepada mereka itu mula-mula mengajarkan cita-cita dan asas-asas ajarannya serta mengajarkan falsafat, arti, dan kepentingan cita-cita dan asas-asas ajarannya itu, kemudian mengirimkan pengikut-pengikutnya tersebut ke luar negeri untuk mendakwahkan ajaran  yang bersifat “rahmat untuk seluruh alam” (QS.21:108)  itu kepada bangsa lain dengan  tanpa paksaan serta kekerasan (QS.2:257; QS.9:6; QS.10:100; QS.11:119; QS.18:30; QS.76:4).

Pentingnya Memiliki Ketakwaan & “Duel Makar”

  Tarbiyat (didikan) yang Nabi Besar Muhammad saw. berikan kepada para pengikut beliau saw. tersebut memperluas dan mempertajam kecerdasan mereka, dan filsafat ajaran beliau saw. menimbulkan dalam diri mereka keyakinan iman, dan contoh mulia beliau saw.  (QS.33:22) menciptakan di dalam diri mereka kesucian hati. Kenyataan dasar agama Islam itulah yang diisyaratkan oleh ayat ini,   antara lain berupa  terciptanya ketakwaan kepada Allah Swt., firman-Nya:
یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ تَتَّقُوا اللّٰہَ یَجۡعَلۡ لَّکُمۡ فُرۡقَانًا وَّ یُکَفِّرۡ عَنۡکُمۡ سَیِّاٰتِکُمۡ وَ یَغۡفِرۡ لَکُمۡ ؕ وَ اللّٰہُ  ذُو الۡفَضۡلِ  الۡعَظِیۡمِ ﴿ ﴾
Hai orang-orang yang beriman,  jika kamu bertakwa kepada Allāh Dia akan menjadikan  bagimu   pembeda,   dan Dia akan menghapuskan dari kamu keburukan-keburukanmu, Dia akan mengampuni kamu, dan Allah  Memiliki  karunia yang sangat besar  (Al-Anfāl [8]:30).
       Furqān berarti: (1) sesuatu yang membedakan antara yang benar dan yang salah; (2) bukti atau bahan bukti atau dalil; (3) bantuan atau kemenangan, dan (4) fajar (Lexicon Lane). Berkat ketakwaan itu pulalah Nabi Besar Muhammad saw. dan para sahabat beliau saw. senantiasa selamat dari berbagai macam  makar buruk orang-orang kafir   -- baik dari kalangan orang-orang musyrik mau pun dari kalangan Ahlikitab  (QS.98:1-9) -- yang mendustakan dan menentang beliau saw., bahkan berusaha membunuh beliau saw., sebagaimana dikemukakan ayat selanjutnya, firman-Nya:
وَ اِذۡ یَمۡکُرُ بِکَ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡا لِیُثۡبِتُوۡکَ اَوۡ یَقۡتُلُوۡکَ اَوۡ یُخۡرِجُوۡکَ ؕ وَ یَمۡکُرُوۡنَ وَ یَمۡکُرُ  اللّٰہُ  ؕ وَ اللّٰہُ خَیۡرُ الۡمٰکِرِیۡنَ ﴿ ﴾
Dan ingatlah ketika orang-orang kafir merancang makar buruk terhadap engkau, supaya mereka dapat menangkap engkau atau membunuh engkau atau mengusir engkau. Mereka merancang makar buruk, dan Allah pun merancang  makar tandingan, dan Allah sebaik-baik  Perancang makar. (Al-Anfāl [8]:31). 
      Ayat ini mengisyaratkan kepada musyawarah rahasia yang diadakan di Darun Nadwah (Balai Permusyawaratan) di Mekkah. Ketika mereka melihat bahwa semua usaha mereka mencegah berkembangnya aliran kepercayaan baru (Islam) ini gagal, dan bahwa kebanyakan orang-orang Muslim yang mampu meninggalkan Mekkah telah  hijrah ke Medinah dan mereka sudah jauh dari bahaya, maka orang-orang terkemuka warga kota Mekkah berkumpul di Darun Nadwah untuk membuat rencana ke arah usaha terakhir guna menghabisi Islam.
      Sesudah diadakan pertimbangan mendalam, terpikir oleh mereka satu rencana, ialah sejumlah orang-orang muda dari berbagai kabilah Quraisy harus secara serempak menyergap  Nabi Besar Muhammad saw.   lalu membunuh beliau saw.. Tetapi tanpa setahu orang, Nabi Besar Muhammad saw.   meninggalkan rumah tengah malam buta, ketika para penjaga dikuasai oleh kantuk, lalu beliau saw. berlindung di Gua Tsur bersama-sama  Abubakar  Shiddiq r.a., sahabat beliau  saw. yang setia (QS.9:40)  dan akhirnya sampai di Medinah dengan selamat.
      Pada hakikatnya makar buruk yang dirancang oleh para pemuka kaum kafir Quraisy Mekkah pimpinan Abu Jahal tersebut merupakan pengulangan kembali makar buruk yang sama terhadap Nabi Shalih a.s., yang dilakukan oleh para pemuka kaum Tsamud ribuan tahun sebelumnya, yang juga berjumlah 9 orang tokoh kekafiran (QS.27:46-54).

Tujuan Izin Berperang Secara Fisik dalam Ajaran Islam

  Jadi, “modal perjuangan  yang suci” yang diajarkan oleh Nabi Besar Muhammad saw. itulah   yang menjadi “bekal” para mujahid Islam  di masa Nabi Besar Muhammad saw. dan para Khulafatur-Rasyidin  dalam melaksanakan da’wah Islam ke seluruh dunia dan mereka itu dalam melaksanakannya  -- termasuk ketika mereka  terpaksa  harus  melakukan peperangan ­­   --  mereka tetap  mengamalkan misi “rahmatan lil ‘alamin” (rahmat bagi seluruh  alam) Nabi Besar Muhammad saw. (QS.21:108), firman-Nya:
اُذِنَ لِلَّذِیۡنَ یُقٰتَلُوۡنَ بِاَنَّہُمۡ ظُلِمُوۡا ؕ وَ اِنَّ  اللّٰہَ  عَلٰی  نَصۡرِہِمۡ  لَقَدِیۡرُۨ  ﴿ۙ﴾
Diizinkan berperang bagi mereka yang telah diperangi, karena mereka telah dizalimi, dan sesungguhnya Allah berkuasa menolong mereka.   (Al-Hājj [22]:40). 

(Bersambung)

Rujukan: The Holy Quran
Editor: Malik Ghulam Farid
***
Pajajaran Anyar,   5 November    2013



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar