بِسۡمِ اللّٰہِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِیۡم
Khazanah
Ruhani Surah Shād
Bab 291
Kesaksian
Penulis Non-Muslim Mengenai Nabi Besar Muhammad Saw. & Nubuatan Kekalahan Telak Golongan Persekutuan (Al-Ahzāb)
Oleh
Ki Langlang Buana Kusuma
D
|
alam akhir Bab sebelumnya
telah dikemukakan mengenai alasan-alasan, mengapa orang-orang Islam
terpaksa mengangkat senjata, selanjutnya
Allah Swt. berfirman: وَ
لَوۡ لَا دَفۡعُ اللّٰہِ النَّاسَ بَعۡضَہُمۡ بِبَعۡضٍ لَّہُدِّمَتۡ صَوَامِعُ وَ
بِیَعٌ وَّ صَلَوٰتٌ وَّ مَسٰجِدُ یُذۡکَرُ فِیۡہَا اسۡمُ اللّٰہِ کَثِیۡرًا -- dan seandainya Allah
tidak menangkis sebagian manusia oleh
sebagian yang lain niscaya akan
hancur biara-biara, gereja-gereja,
rumah-rumah ibadah, dan masjid-masjid yang di dalamnya banyak disebut nama Allah”, ayat ini mengemukakan tujuan dan maksud peperangan yang dilancarkan oleh umat Islam. Tujuannya
sekali-kali bukan untuk merampas hak
orang-orang lain atas rumah dan milik mereka, atau merampas kemerdekaan mereka serta memaksa mereka tunduk kepada kekuasaan
asing, atau untuk menjajagi
pasar-pasar yang baru atau memperoleh
tanah-tanah jajahan baru, seperti telah diusahakan
oleh kekuasaan negara-negara kuat
dari barat.
Yang dimaksudkan
ialah mengadakan perang semata-mata
untuk membela diri dan untuk menyelamatkan Islam dari kemusnahan, dan untuk menegakkan kebebasan berpikir; begitu
juga untuk membela tempat-tempat
peribadatan yang dimiliki oleh agama-agama
lain — gereja-gereja, rumah-rumah peribadatan Yahudi, kuil-kuil, biara-biara,
dan sebagainya (QS.2:194; QS.2:257; QS.8:40 dan QS.8:73).
Jadi tujuan pertama dan terutama dari perang-perang
yang dilancarkan oleh Islam di masa
yang lampau, dan selamanya di masa
yang akan datang pun ialah, menegakkan kebebasan
beragama dan beribadah dan berperang membela negeri, kehormatan, dan kemerdekaan terhadap serangan
tanpa dihasut. Apakah ada alasan
untuk berperang yang lebih baik
daripada ini?
“Rahmat
bagi Seluruh Alam” dan “Umat Terbaik”
& Suri Teladan Nabi Besar
Muhammad Saw.
Selanjutnya Allah Swt. berfirman mengenai kewajiban yang harus dilakukan
orang-orang Muslim ketika mereka
telah meraih kekuasaan duniawi:
اَلَّذِیۡنَ اِنۡ
مَّکَّنّٰہُمۡ فِی الۡاَرۡضِ اَقَامُوا
الصَّلٰوۃَ وَ اٰتَوُا الزَّکٰوۃَ وَ اَمَرُوۡا بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَ نَہَوۡا عَنِ الۡمُنۡکَرِ ؕ وَ لِلّٰہِ عَاقِبَۃُ
الۡاُمُوۡرِ ﴿﴾
Orang-orang
yang jika Kami meneguhkannya di bumi
mereka mendirikan shalat, membayar zakat, menyuruh
berbuat kebaikan dan melarang dari
keburukan. Dan kepada Allah-lah
kembali segala urusan. (Al-Hajj
[22]:40-42).
Ayat
ini mengandung perintah bagi
orang-orang Muslim, bahwa ketika mereka memperoleh kekuasaan, maka mereka tidak boleh mempergunakannya untuk kemajuan bagi kepentingan diri mereka sendiri, melainkan harus digunakan untuk memperbaiki nasib orang-orang miskin dan
orang-orang tertindas dan untuk menegakkan keamanan dan keselamatan di daerah-daerah kekuasaan mereka, dan bahwa mereka harus
menghargai dan melindungi tempat-tempat peribadatan.
Untuk tujuan-tujuan yang sangat mulia
itulah Allah Swt. telah mengutus Nabi Besar
Muhammad saw. sebagai rahmat
bagai seluruh alam (QS.21:108) dan telah menjadikan umat Islam sebagai “umat terbaik” yang dijadikan bagi kepentingan seluruh umat
manusia (QS.2:144; QS.3:111),
firman-Nya:
وَ مَاۤ اَرۡسَلۡنٰکَ اِلَّا رَحۡمَۃً لِّلۡعٰلَمِیۡنَ ﴿﴾
Dan Kami
sekali-kali tidak mengutus engkau melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam. (Al-Anbiya [21]:108).
Nabi
Besar Muhammad saw. adalah pembawa rahmat
untuk seluruh umat manusia, sebab amanat
beliau saw. tidak terbatas kepada suatu
negeri atau kaum tertentu (QS.7:159; QS.25:2; QS.34:29). Dengan perantaraan
beliau saw. bangsa-bangsa dunia telah diberkati,
yang belum pernah mereka diberkati sebelum itu.
Berikut firman-Nya mengenai
kemuliaan umat Islam sebagai
hasil dari rahmat Nabi Besar Muhammad
saw.:
کُنۡتُمۡ خَیۡرَ اُمَّۃٍ اُخۡرِجَتۡ
لِلنَّاسِ تَاۡمُرُوۡنَ
بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَ تَنۡہَوۡنَ عَنِ
الۡمُنۡکَرِ وَ
تُؤۡمِنُوۡنَ
بِاللّٰہِ ؕ وَ لَوۡ اٰمَنَ اَہۡلُ الۡکِتٰبِ لَکَانَ خَیۡرًا لَّہُمۡ ؕ مِنۡہُمُ
الۡمُؤۡمِنُوۡنَ وَ
اَکۡثَرُہُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ﴿﴾
Kamu adalah umat terbaik, yang dibangkitkan demi kebaikan umat
manusia, kamu menyuruh berbuat makruf, melarang dari berbuat munkar, dan beriman kepada Allah. Dan seandainya
Ahlul Kitab beriman, niscaya akan
lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman tetapi kebanyakan
mereka orang-orang fasik. (Ali ‘Imran [3]:111).
Dengan demikian benarlah firman Allah
Swt. berikut ini tentang kesuriteladan
terbaik Nabi Besar Muhammad saw. dan juga para pengikut hakiki beliau saw. dalam firman-Nya berikut ini:
لَقَدۡ کَانَ لَکُمۡ فِیۡ رَسُوۡلِ
اللّٰہِ اُسۡوَۃٌ حَسَنَۃٌ لِّمَنۡ کَانَ یَرۡجُوا اللّٰہَ وَ
الۡیَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَ ذَکَرَ
اللّٰہَ کَثِیۡرًا ﴿ؕ﴾
Sungguh dalam
diri Rasulullah benar-benar terdapat suri teladan yang sebaik-baiknya
bagi kamu, yaitu bagi orang yang mengharapkan Allah dan Hari Akhir, dan bagi yang banyak mengingat Allah. (Al-Ahzāb [33]:22).
Pertempuran Khandak mungkin merupakan percobaan paling pahit di dalam seluruh
jenjang kehidupan Nabi Besar Muhammad
saw. dan beliau saw. keluar dari ujian yang paling berat itu dengan
keadaan akhlak dan wibawa yang lebih tinggi lagi.
Sesungguhnyalah pada saat yang sangat berbahayalah,
yakni ketika di sekitar gelap gelita,
atau dalam waktu mengenyam sukses dan
kemenangan, yakni ketika musuh bertekuk lutut di hadapannya, watak dan perangai yang sesungguhnya seseorang diuji; dan sejarah memberi kesaksian yang jelas
kepada kenyataan bahwa Nabi Besar
Muhammad saw., baik dalam keadaan dukacita
karena dirundung kesengsaraan dan
pada saat sukacita karena meraih kemenangan — tetap menunjukkan kepribadian agung lagi mulia.
Pertempuran
Khandak, Uhud, dan Hunain menjelaskan dengan seterang-seterangnya satu watak Nabi Besar Muhammad saw. yang indah, dan Fatah Mekkah (Kemenangan atas Mekkah)
memperlihatkan watak beliau saw. lainnya.
Mara bahaya tidak mengurangi semangat
beliau saw. atau mengecutkan hati
beliau saw., begitu pula kemenangan
dan sukses tidak merusak watak beliau saw.
Ketika Nabi Besar Muhammad saw. ditinggalkan hampir seorang diri pada hari Pertempuran Hunain, sedang nasib Islam
berada di antara hidup dan mati, beliau saw. tanpa gentar sedikit pun dan seorang diri belaka maju ke tengah barisan musuh seraya berseru
dengan kata-kata yang patut dikenang selama-lamanya: “Aku nabi Allah dan aku
tidak berkata dusta. Aku anak Abdul Muthalib.” Dan tatkala Mekkah jatuh dan seluruh tanah Arab bertekuk lutut maka kekuasaan yang mutlak dan tak tersaingi itu tidak kuasa merusak Nabi Besar Muhammad saw.. Beliau
saw. menunjukkan keluhuran budi yang
tiada taranya terhadap musuh-musuh beliau saw..
Kesaksian Penulis Non-Muslim & Keteguhan Iman para Sahabah Nabi Besar Muhammad Saw.
Kesaksian
lebih besar mana lagi yang mungkin ada terhadap keagungan watak Nabi Besar
Muhammad saw. selain
kenyataan bahwa pribadi-pribadi yang paling akrab dengan beliau saw. dan yang
paling mengenal beliau saw., mereka
itulah yang paling mencintai beliau saw.
dan merupakan yang pertama-tama percaya akan misi beliau saw., yakni, istri beliau saw. yang tercinta, Sitti Khadijah r.a.; sahabat
beliau saw. sepanjang hayat, Abu Bakar r.a.; saudara sepupu yang juga menantu
beliau saw., Ali bin Abi Thalib r.a.; dan bekas budak beliau saw. yang telah
dimerdekakan, Zaid bin Haristsah r.a..
Nabi Besar Muhammad saw. merupakan contoh kemanusiaan yang paling mulia dan model yang paling sempurna dalam keindahan dan kebajikan.
Dalam segala
segi kehidupan dan watak Nabi Besar Muhammad saw. yang beraneka
ragam, tidak ada duanya dan merupakan contoh
yang tiada bandingannya bagi umat
manusia untuk ditiru dan diikuti. Seluruh kehidupan beliau saw. nampak dengan jelas dan nyata dalam cahaya lampu-sorot sejarah.
Nabi
Besar Muhammad saw. mengawali kehidupan
beliau saw. sebagai anak yatim dan
mengakhirinya dengan berperan sebagai wasit
yang menentukan nasib seluruh bangsa.
Sebagai kanak-kanak beliau saw. penyabar
lagi gagah, dan di ambang pintu usia remaja, beliau saw. tetap merupakan contoh yang sempurna dalam akhlak, ketakwaan dan kesabaran. Pada usia setengah-baya
beliau saw. mendapat julukan Al-Amin (si Jujur dan setia kepada amanat)
dan selaku seorang niagawan beliau terbukti paling jujur dan cermat.
Nabi Besar Muhammad saw. menikah dengan perempuan-perempuan yang di antaranya ada yang jauh lebih tua daripada beliau sendiri
dan ada juga yang jauh lebih muda,
namun semua bersedia memberi kesaksian
dengan mengangkat sumpah mengenai kesetiaan, kecintaan, dan kekudusan
beliau saw..
Sebagai
ayah, Nabi Besar Muhammad saw. penuh dengan kasih-sayang,
dan sebagai sahabat beliau saw. sangat setia dan murah hati. Ketika beliau saw.
diamanati tugas yang amat besar dan berat, dalam usaha memperbaiki suatu masyarakat yang sudah rusak, beliau saw. menjadi sasaran derita aniaya dan pembuangan, namun beliau saw. memikul
semua penderitaan itu dengan sikap agung dan budi luhur.
Nabi Besar Muhammad saw. bertempur sebagai prajurit gagah-berani dan memimpin
pasukan-pasukan. Beliau saw. menghadapi kekalahan
dan beliau saw. memperoleh kemenangan-kemenangan.
Beliau saw. menghakimi dan mengambil
serta menjatuhkan keputusan dalam
berbagai perkara. Beliau saw. adalah seorang negarawan, seorang pendidik,
dan seorang pemimpin.
“Kepala negara merangkap Penghulu Agama,
beliau adalah Kaisar dan Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus yang tidak
berlaga Paus, dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan yang megah. Tanpa balatentara
tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan
tertentu, sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan
hak ketuhanan, maka orang itu hanyalah Muhammad, sebab beliau mempunyai
kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa
melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di
atas sehelai tikar kulit, dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih
atau roti jawawut, dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh,
beliau biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga
kedua belah kaki beliau bengkak-bengkak. Tidak ada orang yang dalam keadaan dan
suasana yang begitu banyak berubah telah berubah begitu sedikitnya” (Muhammad and Muham-madanism”
karya Bosworth Smith).
Berbeda dengan kepengecutan Bani Israil ketika mereka menolak
ajakan Nabi Musa a.s. untuk bersama-sama
beliau memasuki “negeri yang dijanjikan” (Kanaan/Palestina) -- karena
mereka takut kepada bangsa-bangsa
(kaum-kaum) yang saat itu berada di Kanaan
( QS.5:21-27) -- berikut firman-Nya mengenai
keteguhan iman dan keperwiraan
yang diperagakan oleh para sahabah
Nabi Besar Muhammad saw.:
وَ لَمَّا
رَاَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ الۡاَحۡزَابَ ۙ
قَالُوۡا ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ وَ
رَسُوۡلُہٗ وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ
رَسُوۡلُہٗ ۫ وَ مَا زَادَہُمۡ اِلَّاۤ
اِیۡمَانًا وَّ تَسۡلِیۡمًا ﴿ؕ﴾
Dan ketika orang-orang beriman melihat lasykar-lasykar
persekutuan mereka berkata: ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ
وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ -- “Inilah yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya
kepada kami, dan Allah serta Rasul-Nya
telah mengatakan yang benar.” وَ مَا
زَادَہُمۡ اِلَّاۤ اِیۡمَانًا وَّ
تَسۡلِیۡمًا -- dan
hal itu tidak menambah kepada mereka
kecuali keimanan dan kepatuhan. (Al-Ahzāb [33]:23).
Nubuatan Kekalahan Lasykar Persekutuan (al-Ahzab)
Isyarat
ini ditujukan kepada kabar gaib (nubuatan)
tentang kekalahan lasykar kafir Mekkah
dan sekutu-sekutu mereka serta
nubuatan kemenangan Islam dalam perang
Badar dan perang Khandak, firman-Nya:
اَکُفَّارُکُمۡ
خَیۡرٌ مِّنۡ اُولٰٓئِکُمۡ اَمۡ لَکُمۡ
بَرَآءَۃٌ فِی الزُّبُرِ ﴿ۚ﴾ اَمۡ
یَقُوۡلُوۡنَ نَحۡنُ جَمِیۡعٌ مُّنۡتَصِرٌ ﴿﴾ سَیُہۡزَمُ الۡجَمۡعُ وَ یُوَلُّوۡنَ الدُّبُرَ ﴿﴾ بَلِ السَّاعَۃُ مَوۡعِدُہُمۡ وَ السَّاعَۃُ اَدۡہٰی وَ
اَمَرُّ﴿﴾
Apakah orang-orang kafir kamu lebih baik
daripada orang-orang sebelum kamu?
Atau adakah bagi kamu jaminan kebebasan dari azab di dalam kitab-kitab terdahulu?
Atau apakah mereka berkata: نَحۡنُ جَمِیۡعٌ
مُّنۡتَصِرٌ -- “Kami
golongan yang bersatu yang pasti ditolong
(menang)!” Tidak demikian, سَیُہۡزَمُ الۡجَمۡعُ وَ
یُوَلُّوۡنَ الدُّبُرَ -- golongan
itu akan segera dikalahkan dan mereka akan membalikkan punggung mereka, melarikan diri. Bahkan Saat
itu telah dijanjikan kepada mereka, dan Saat itu paling mengerikan dan paling
pahit. (Al-Qamar [54]:44-47).
Ayat ini mengulangi peringatan yang ditujukan kepada orang-orang Quraisy musyrik dalam
bentuk lain: اَکُفَّارُکُمۡ خَیۡرٌ مِّنۡ اُولٰٓئِکُمۡ -- “Adakah kamu bagaimana jua pun lebih baik,” -- demikian ayat ini menanyakan kepada
mereka مِّنۡ
اُولٰٓئِکُمۡ -- “daripada mereka yang menolak Nabi Nuh a.s..,
Nabi Hud a.s., Nabi Luth a.s. atau
Nabi Musa a.s.?” اَمۡ لَکُمۡ بَرَآءَۃٌ فِی الزُّبُرِ -- atau sudahkah kamu menerima janji Ilahi yang tercantum dalam Kitab-kitab suci, bahwa kamu tidak
akan dihukum atas penolakan kamu
terhadap Nabi Besar Muhammad saw.?”
Nubuatan tegas yang terkandung di dalam
ayat ini pastilah berkenaan dengan kekalahan
remuk-redam yang diderita balatentara
Mekkah di dalam Pertempuran Badar.
Pengalaman menghadapi Perang Badar itu
demikian berat menekan orang-orang Muslim,
sehingga ketika pertempuran mulai berkobar, Nabi Besar Muhammad saw. berdoa
kepada Allah Swt. dengan memelas dan
dengan kepedihan hati yang sangat, di
dalam kemah yang dipasang orang untuk
beliau saw. guna maksud itu, dengan kata-kata yang tidak luput dari kenangan:
“Ya Allah, kumohon dengan
kerendahan hati kepada Engkau agar sudi memenuhi janji Engkau. Andaikata jemaat
sekecil ini hancur-lebur, niscayalah Engkau tidak akan disembah lagi di atas
dunia ini” (Bukhari).
Seusai berdoa Nabi Besar Muhammad saw. keluar dari kemah dan sambil menghadap ke medan pertempuran beliau saw. membaca
ayat ini: “Golongan itu akan segera dikalahkan dan akan membalikkan
punggung mereka, melarikan diri.” Mengisyaratkan kepada peristiwa itu
pulalah firman-Nya berikut ini:
فَلَمۡ تَقۡتُلُوۡہُمۡ وَ لٰکِنَّ اللّٰہَ قَتَلَہُمۡ ۪ وَ مَا رَمَیۡتَ اِذۡ رَمَیۡتَ وَ
لٰکِنَّ اللّٰہَ رَمٰی ۚ وَ لِیُبۡلِیَ
الۡمُؤۡمِنِیۡنَ مِنۡہُ بَلَآءً
حَسَنًا ؕ اِنَّ اللّٰہَ سَمِیۡعٌ عَلِیۡمٌ ﴿﴾
Maka bukan kamu yang membunuh mereka melainkan Allah yang telah membunuh mereka, dan bukan engkau yang melemparkan pasir
ketika engkau melempar, melainkan Allah-lah yang telah melempar,
dan supaya Dia menganugerahi orang-orang yang beriman anugerah yang baik dari-Nya, sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Al-Anfāl
[8]:18).
Kekalahan pada Pertempuran Badar sungguh merupakan malapetaka paling dahsyat dan hebat bagi orang-orang Quraisy. Kekuasaan dan kehormatan
mereka mengalami pukulan yang meremukredamkan. Kebanyakan pemimpin mereka terbunuh –
yakni Abu Jahal dan 7 orang
lainnya -- dan mayat mereka diseret dan dilemparkan ke dalam sebuah lubang.
Nabi Besar Muhammad saw. pergi
ke tepi lubang itu seraya berkata kepada mayat-mayat itu dengan kata-kata yang
menurut riwayat berbunyi:
“Tidak
benarkah apa yang telah dijanjikan Rabb (Tuhan) kamu kepada kamu? Sungguh aku
telah menyaksikan kebenaran apa yang telah dijanjikan Rabb-ku (Tuhan-ku)
kepadaku” (Bukhari, Kitab
al-Maghazi).
Bukannya
Gentar, Melainkan Bertambah Semangat
Tiap-tiap kata dalam kabar gaib (nubuatan) itu telah menjadi
kenyataan. Demikian pula nubuatan dalam
firman-Nya berikut ini:
جُنۡدٌ مَّا
ہُنَالِکَ مَہۡزُوۡمٌ مِّنَ الۡاَحۡزَابِ ﴿﴾ کَذَّبَتۡ
قَبۡلَہُمۡ قَوۡمُ نُوۡحٍ وَّ عَادٌ وَّ فِرۡعَوۡنُ ذُو الۡاَوۡتَادِ ﴿ۙ﴾ وَ ثَمُوۡدُ وَ
قَوۡمُ لُوۡطٍ وَّ اَصۡحٰبُ لۡـَٔیۡکَۃِ ؕ
اُولٰٓئِکَ الۡاَحۡزَابُ ﴿﴾ اِنۡ کُلٌّ اِلَّا کَذَّبَ الرُّسُلَ فَحَقَّ عِقَابِ ﴿٪﴾
Mereka itu lasykar golongan-golongan perserikatan yang akan dikalahkan di sana. Sebelum mereka kaum Nuh, ‘Ad dan Fir’aun yang
memiliki lasykar-lasykar besar telah
mendustakan pula. Dan suku
Tsamud, kaum Luth dan penghuni
hutan, mereka itu golongan
perserikatan (Ahzab). Tidak lain
mereka semua itu melainkan mendustakan rasul-rasul, maka pasti azab-Ku menimpa mereka. (Shād [38]:12-15). Lihat pula
QS.54:46
Ayat
ini sekaligus mengandung nubuatan dan
tantangan. Tantangan itu ditujukan
kepada kekuatan-kekuatan kejahatan
supaya mengerahkan segala sumber daya
mereka dan membentuk diri mereka menjadi suatu persekutuan yang kuat untuk menghentikan derap maju Islam. Dan nubuatan itu ialah, bahwa seluruh kekuatan keingkaran itu akan dihancurluluhkan,
bila mereka berani menentang Islam. Nubuatan agung ini telah menjadi
sempurna kata demi kata dalam Pertempuran
Khandak.
Autad-al-ardh berarti
gunung-gunung; dan autad-al-bilad maksudnya para pemuka kota-kota itu; dzul-autad
berarti pemilik lasykar-lasykar atau pemilik pasukan-pasukan besar (Aqrab-al-Mawarid), itulah makna ayat کَذَّبَتۡ
قَبۡلَہُمۡ قَوۡمُ نُوۡحٍ وَّ عَادٌ وَّ فِرۡعَوۡنُ ذُو الۡاَوۡتَادِ -- “Sebelum mereka kaum Nuh, ‘Ad dan Fir’aun yang
memiliki lasykar-lasykar besar telah
mendustakan pula.”
Jadi, kembali kepada keteguhan
iman dan keperwiraan yang diperagakan oleh para sahabah Nabi Besar Muhammad saw.,
ketika mereka melihat kedatangan al-ahzab
( golongan persekutuan) pimpinan Abu
Jahal yang mengepung Madinah, firman-Nya:
وَ لَمَّا
رَاَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ الۡاَحۡزَابَ ۙ
قَالُوۡا ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ وَ
رَسُوۡلُہٗ وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ
رَسُوۡلُہٗ ۫ وَ مَا زَادَہُمۡ اِلَّاۤ
اِیۡمَانًا وَّ تَسۡلِیۡمًا ﴿ؕ﴾
Dan ketika orang-orang beriman melihat lasykar-lasykar
persekutuan mereka berkata: ہٰذَا مَا وَعَدَنَا اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ
وَ صَدَقَ اللّٰہُ وَ رَسُوۡلُہٗ -- “Inilah yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya
kepada kami, dan Allah serta Rasul-Nya
telah mengatakan yang benar.” وَ مَا
زَادَہُمۡ اِلَّاۤ اِیۡمَانًا وَّ
تَسۡلِیۡمًا -- dan
hal itu tidak menambah kepada mereka
kecuali keimanan dan kepatuhan. (Al-Ahzāb [33]:23).
(Bersambung)
Rujukan: The Holy Quran
Editor: Malik
Ghulam Farid
***
Pajajaran
Anyar, 22
Juli 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar