Kamis, 16 Januari 2014

Mengkhianati "Agama Tauhid" yang Diwariskan Nabi MIbrahim a.s. dan Nabi Ya'qub a.s. kepada Keturunannya



 بِسۡمِ اللّٰہِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِیۡمِ

Khazanah Ruhani Surah  Shād

Bab  122

     Mengkhianati “Agama Tauhid” yang Diwariskan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ya’qub a.s. kepada Keturunannya    

Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma

D
alam Akhir Bab sebelumnya  telah dikemukakan mengenai makna Muslim dan Islam   dalam  firman Allah Swt.  berikut ini:
    یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوا ارۡکَعُوۡا  وَ اسۡجُدُوۡا وَ اعۡبُدُوۡا رَبَّکُمۡ وَ افۡعَلُوا الۡخَیۡرَ  لَعَلَّکُمۡ  تُفۡلِحُوۡنَ ﴿ۚٛ﴾   وَ جَاہِدُوۡا فِی اللّٰہِ حَقَّ جِہَادِہٖ ؕ ہُوَ اجۡتَبٰىکُمۡ وَ مَا جَعَلَ عَلَیۡکُمۡ فِی الدِّیۡنِ مِنۡ حَرَجٍ ؕ مِلَّۃَ  اَبِیۡکُمۡ اِبۡرٰہِیۡمَ ؕ ہُوَ سَمّٰىکُمُ الۡمُسۡلِمِیۡنَ ۬ۙ مِنۡ قَبۡلُ وَ فِیۡ ہٰذَا  لِیَکُوۡنَ الرَّسُوۡلُ شَہِیۡدًا عَلَیۡکُمۡ وَ تَکُوۡنُوۡا شُہَدَآءَ عَلَی النَّاسِ ۚۖ فَاَقِیۡمُوا الصَّلٰوۃَ  وَ اٰتُوا الزَّکٰوۃَ  وَ اعۡتَصِمُوۡا بِاللّٰہِ ؕ ہُوَ مَوۡلٰىکُمۡ ۚ فَنِعۡمَ الۡمَوۡلٰی وَ نِعۡمَ النَّصِیۡرُ ﴿٪﴾
Hai orang-orang yang beriman,   rukuklah kamu, sujudlah, sembahlah Rabb (Tuhan) kamu, dan berbuatlah kebaikan supaya kamu memperoleh kebahagiaan.     Dan berjihadlah kamu di jalan Allah  dengan jihad  yang sebenar-benarnya, Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran atas kamu dalam urusan agama,  Ikutilah agama bapak kamu, Ibrahim, Dia telah memberi kamu nama Muslimin dahulu dan dalam Kitab ini,  supaya Rasul itu menjadi saksi atas kamu  dan supaya kamu menjadi saksi atas umat manusia. Maka dirikanlah shalat, bayarlah zakat, dan berpegang teguhlah kepada Allah. Dia Pelindung kamu  maka Dia-lah sebaik-baik Pelindung  dan sebaik-baik Penolong. (Al-Hajj [22]:79).
      Kata-kata “Dia telah memberi kamu nama Muslimin  dahulu” menunjuk kepada nubuatan Nabi Yesaya a.s. : “maka engkau akan disebut dengan nama yang baharu, yang akan ditentukan oleh firman Tuhan .....” (Yesaya 62:2 dan 65:15)
       Isyarat dalam kata-kata  “dan dalam Kitab ini” dalam ayat ditujukan kepada doa  Nabi Ibrahim a.s.    yang dikutip dalam Al-Quran, yaitu:
رَبَّنَا وَ اجۡعَلۡنَا مُسۡلِمَیۡنِ لَکَ وَ مِنۡ ذُرِّیَّتِنَاۤ اُمَّۃً مُّسۡلِمَۃً  لَّکَ
“Ya Rabb (Tuhan) kami, jadikanlah kami berdua ini hamba yang menyerahkan diri kepada Engkau, dan juga dari anak-cucu kami jadikanlah satu umat yang tunduk kepada Engkau.” (QS.2:129).

Peringatan Allah Swt. kepada Para Pemeluk Agama Selain Islam

        Atas dasar kenyataan itu pulalah Allah Swt. telah memperingatkan orang-orang yang mencari agama selain agama Islam yang disunnahkan oleh Nabi Besar Muhammad saw., firman-Nya: 
وَ مَنۡ یَّبۡتَغِ غَیۡرَ الۡاِسۡلَامِ دِیۡنًا فَلَنۡ یُّقۡبَلَ مِنۡہُ ۚ وَ ہُوَ فِی الۡاٰخِرَۃِ مِنَ الۡخٰسِرِیۡنَ ﴿﴾
Dan   barangsiapa mencari agama yang bukan agama Islam, maka  agama itu tidak akan pernah diterima darinya, dan di akhirat ia termasuk orang-orang yang rugi. (Ali ‘Imran [3]:86).
     Kenapa demikian? Sebab agama-agama yang diturunkan sebelum agama Islam tersebut telah tidak lagi memenuhi kriteria sebagai agama Tauhid yang diwasiyatkan Nabi Ibrahim a.s. kepada anak keturunan beliau saw. – yakni Islam dan Muslim --   firman-Nya:
وَ مَنۡ یَّرۡغَبُ عَنۡ مِّلَّۃِ  اِبۡرٰہٖمَ  اِلَّا مَنۡ سَفِہَ نَفۡسَہٗ ؕ وَ لَقَدِ اصۡطَفَیۡنٰہُ فِی الدُّنۡیَا ۚ وَ اِنَّہٗ فِی الۡاٰخِرَۃِ  لَمِنَ الصّٰلِحِیۡنَ ﴿﴾ اِذۡ قَالَ لَہٗ رَبُّہٗۤ  اَسۡلِمۡ ۙ قَالَ اَسۡلَمۡتُ لِرَبِّ الۡعٰلَمِیۡنَ ﴿﴾ وَ وَصّٰی بِہَاۤ اِبۡرٰہٖمُ  بَنِیۡہِ وَ یَعۡقُوۡبُ ؕ یٰبَنِیَّ  اِنَّ اللّٰہَ اصۡطَفٰی لَکُمُ الدِّیۡنَ فَلَا تَمُوۡتُنَّ  اِلَّا وَ اَنۡتُمۡ  مُّسۡلِمُوۡنَ﴿﴾ؕ اَمۡ کُنۡتُمۡ  شُہَدَآءَ  اِذۡ حَضَرَ یَعۡقُوۡبَ الۡمَوۡتُ ۙ اِذۡ  قَالَ لِبَنِیۡہِ مَا تَعۡبُدُوۡنَ مِنۡۢ بَعۡدِیۡ ؕ قَالُوۡا نَعۡبُدُ اِلٰہَکَ وَ اِلٰـہَ اٰبَآئِکَ اِبۡرٰہٖمَ  وَ  اِسۡمٰعِیۡلَ وَ  اِسۡحٰقَ  اِلٰـہًا وَّاحِدًا ۚۖ وَّ نَحۡنُ لَہٗ مُسۡلِمُوۡنَ ﴿﴾ تِلۡکَ اُمَّۃٌ قَدۡ خَلَتۡ ۚ لَہَا مَا کَسَبَتۡ وَ لَکُمۡ مَّا کَسَبۡتُمۡ ۚ وَ لَا تُسۡـَٔلُوۡنَ عَمَّا  کَانُوۡا یَعۡمَلُوۡنَ ﴿﴾
Dan siapakah yang berpaling dari  agama Ibrahim selain orang yang memperbodoh dirinya sendiri?  Dan  sungguh  Kami  benar-benar telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya di akhirat pun dia termasuk orang-orang yang saleh.   Ingatlah ketika Rabb-nya (Tuhan-nya) berfirman kepadanya:  ٗۤ  اَسۡلِم --  “Berserah dirilah”, ia berkata:   اَسۡلَمۡتُ لِرَبِّ الۡعٰلَمِیۡ – “Aku telah berserah diri kepada Rabb (Tuhan) seluruh  alam.”   Dan Ibrahim mewasiatkan yang demikian kepada anak-anaknya dan demikian pula Ya’qub  seraya  berkata: “Hai anak-anakku, sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagi kamu, فَلَا تَمُوۡتُنَّ  اِلَّا وَ اَنۡتُمۡ  مُّسۡلِمُوۡنَ  --  maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan berserah diri.”    Ataukah  kamu hadir  saat kematian menjelang Ya’qub ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apakah yang akan kamu sembah se-peninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Rabb (Tuhan) eng-kau dan  Rabb (Tuhan) bapak-bapak engkau:  Ibrahim, Isma’il, dan Ishaq, yaitu Tuhan Yang Esa,    وَّ نَحۡنُ لَہٗ مُسۡلِمُوۡنَ   -- dan hanya  kepada-Nya kami berserah  diri.” Itulah umat yang telah berlalu, bagi mereka apa yang mereka usahakan dan bagi kamu apa yang kamu usahakan, وَ لَا تُسۡـَٔلُوۡنَ عَمَّا  کَانُوۡا یَعۡمَلُوۡنَ   -- dan kamu tidak akan ditanyai (dimintai tanggungjawab) mengenai apa yang senantiasa mereka kerjakan. (Al-Baqarah [2]:131-135).

Mengkhianati Wasiyat Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ya’qub a.s.
                 
       Namun kenyataannya   mereka  telah mengkhianati   wasiyat Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ya’qub a.s., firman-Nya:
وَ قَالُوۡا کُوۡنُوۡا ہُوۡدًا اَوۡ نَصٰرٰی تَہۡتَدُوۡا ؕ قُلۡ بَلۡ مِلَّۃَ  اِبۡرٰہٖمَ  حَنِیۡفًا ؕ وَ مَا کَانَ مِنَ الۡمُشۡرِکِیۡنَ ﴿﴾  قُوۡلُوۡۤا اٰمَنَّا بِاللّٰہِ وَ مَاۤ اُنۡزِلَ اِلَیۡنَا وَ مَاۤ اُنۡزِلَ  اِلٰۤی  اِبۡرٰہٖمَ  وَ  اِسۡمٰعِیۡلَ وَ  اِسۡحٰقَ وَ یَعۡقُوۡبَ وَ الۡاَسۡبَاطِ وَ مَاۤ اُوۡتِیَ مُوۡسٰی وَ عِیۡسٰی وَ مَاۤ اُوۡتِیَ النَّبِیُّوۡنَ مِنۡ  رَّبِّہِمۡ ۚ  لَا نُفَرِّقُ بَیۡنَ اَحَدٍ مِّنۡہُمۡ ۫ۖ وَ نَحۡنُ لَہٗ مُسۡلِمُوۡنَ ﴿﴾
Dan mereka berkata:  Jadilah kamu Yahudi atau Nasrani, barulah kamu akan mendapat petunjuk.” Katakanlah: “Tidak, bahkan turutilah agama Ibrahim  yang lurus,  dan  ia sekali-kali bukan dari golongan  orang-orang musyrik.”    Katakanlah oleh kamu: “Kami  beriman kepada Allah, dan kepada apa yang diturunkan kepada kami,   kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim,   Isma’il,   Ishaq,   Ya’qub dan keturunannya,  dan beriman kepada yang diberikan kepada Musa,  Isa, dan kepada apa yang diberikan kepada para nabi  dari  Rabb (Tuhan) mereka,  kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka,  وَ نَحۡنُ لَہٗ مُسۡلِمُوۡنَ   -- dan hanya kepada-Nya kami berserah diri.”   (Al-Baqarah [2]:136-137).
        Perkataan mereka کُوۡنُوۡا ہُوۡدًا اَوۡ نَصٰرٰی تَہۡتَدُوۡا --  Jadilah kamu Yahudi atau Nasrani, barulah kamu akan mendapat petunjuk  membuktikan bahwa agama yang mereka anut (percayai) bukanlah agama Tauhid  yang diwasiyatkan oleh Nabi Ibrahim a.s. mau pun oleh Nabi Ya’qub a.s.  kepada mereka, sebagaimana firman-Nya berikut ini:
وَ قَالَتِ الۡیَہُوۡدُ عُزَیۡرُۨ  ابۡنُ اللّٰہِ وَ قَالَتِ النَّصٰرَی الۡمَسِیۡحُ  ابۡنُ  اللّٰہِ ؕ ذٰلِکَ قَوۡلُہُمۡ بِاَفۡوَاہِہِمۡ ۚ یُضَاہِـُٔوۡنَ  قَوۡلَ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡا مِنۡ قَبۡلُ ؕ قٰتَلَہُمُ اللّٰہُ ۚ۫ اَنّٰی  یُؤۡفَکُوۡنَ ﴿﴾  اِتَّخَذُوۡۤا اَحۡبَارَہُمۡ وَ رُہۡبَانَہُمۡ اَرۡبَابًا مِّنۡ دُوۡنِ اللّٰہِ وَ الۡمَسِیۡحَ ابۡنَ مَرۡیَمَ ۚ وَ مَاۤ  اُمِرُوۡۤا  اِلَّا  لِیَعۡبُدُوۡۤا  اِلٰـہًا  وَّاحِدًا ۚ لَاۤ اِلٰہَ  اِلَّا ہُوَ ؕ سُبۡحٰنَہٗ عَمَّا یُشۡرِکُوۡنَ ﴿﴾  یُرِیۡدُوۡنَ  اَنۡ یُّطۡفِـُٔوۡا نُوۡرَ اللّٰہِ بِاَفۡوَاہِہِمۡ وَ یَاۡبَی اللّٰہُ  اِلَّاۤ  اَنۡ  یُّتِمَّ  نُوۡرَہٗ وَ لَوۡ  کَرِہَ  الۡکٰفِرُوۡنَ ﴿﴾  ہُوَ الَّذِیۡۤ  اَرۡسَلَ رَسُوۡلَہٗ  بِالۡہُدٰی وَ دِیۡنِ الۡحَقِّ لِیُظۡہِرَہٗ عَلَی الدِّیۡنِ کُلِّہٖ ۙ وَ لَوۡ کَرِہَ  الۡمُشۡرِکُوۡنَ﴿﴾
Dan  orang-orang Yahudi berkata: “Uzair  adalah  anak Allah”, dan orang-orang Nasrani ber-kata: “Al-Masih adalah  anak  Allah.” Demikian itulah perkataan mereka dengan mulutnya, mereka  meniru-niru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Allah membinasakan mereka, bagaimana mereka sampai dipalingkan dari Tauhid? Mereka telah menjadikan ulama-ulama mereka dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah, dan begitu juga Al-Masih ibnu Maryam, padahal  mereka tidak diperintahkan melainkan supaya mereka menyembah Tuhan Yang Mahaesa. Tidak ada Tuhan kecuali Dia. Mahasuci Dia dari apa yang mereka sekutukan.  Mereka berkehendak memadamkan cahaya Allah  dengan mulut mereka, tetapi Allah menolak bahkan menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir tidak menyukai.  Dia-lah Yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang haq (benar), supaya Dia mengunggulkannya atas semua agama walau pun orang-orang musyrik tidak menyukainya.  (At-Taubah [9]:30-33). 
      ‘Uzair atau Ezra hidup pada abad kelima sebelum Masehi. Beliau keturunan Seraya, imam agung, dan karena beliau sendiri pun anggota Dewan Imam dan dikenal sebagai Imam Ezra. Beliau termasuk seorang tokoh terpenting di masanya dan mem-punyai pengaruh yang luas sekali dalam mengembangkan agama Yahudi. Beliau mendapat kehormatan khas di antara nabi-nabi Israil.
     Orang-orang Yahudi di Medinah dan suatu mazhab Yahudi di Hadramaut, mempercayai beliau sebagai anak Allah. Para Rabbi (pendeta-pendeta Yahudi) menghubungkan nama beliau dengan beberapa lembaga-lembaga penting. Renan mengemukakan dalam mukadimah bukunya “History of the People of Israel” bahwa bentuk agama Yahudi yang-pasti dapat dianggap berwujud semenjak masa Ezra. Dalam kepustakaan golongan Rabbi, beliau dianggap patut jadi wahana pengemban syariat seandainya syariat itu tidak dibawa oleh Nabi Musa a.s..  Beliau bekerjasama dengan Nehemya dan wafat pada usia 120 tahun di Babil (Yewish  Encyclopaedia & Encyclopaedia Biblica).
      Ahbar dalam ayat   اِتَّخَذُوۡۤا اَحۡبَارَہُمۡ وَ رُہۡبَانَہُمۡ اَرۡبَابًا مِّنۡ دُوۡنِ اللّٰہِ -- “Mereka telah menjadikan ulama-ulama mereka dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah” adalah ulama-ulama Yahudi dan Ruhban adalah para rahib agama Nasrani.
       Ayat  یُرِیۡدُوۡنَ  اَنۡ یُّطۡفِـُٔوۡا نُوۡرَ اللّٰہِ بِاَفۡوَاہِہِمۡ وَ یَاۡبَی اللّٰہُ  اِلَّاۤ  اَنۡ  یُّتِمَّ  نُوۡرَہٗ وَ لَوۡ  کَرِہَ  الۡکٰفِرُوۡنَ       -- “Mereka berkehendak memadamkan cahaya Allah  dengan mulut mereka, tetapi Allah menolak bahkan menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir tidak menyukai” Orang-orang Nasrani yang berdiam di tanah Arab telah menghasut orang-orang kuat seagama mereka di Siria, dan dengan pertolongan mereka  mencoba untuk memadamkan Nur Islam yang telah dinyalakan Allah Swt. melalui Nabi Besar Muhammad saw..  di tanah Arab.
     Orang-orang Yahudi pun pernah berupaya semacam itu, dengan menghasut orang-orang Parsi untuk bangkit melawan  Nabi Besar Muhammad saw. setelah mereka diusir dari Madinah dan Khaibar (QS.59:3-6),  dan KIsra  Iran memerintahkan   Gubernur Bazan untuk menangkap Nabi Besar Muhammad saw. dan membawa ke hadapannya, namun sebelum maksudnya berhasil KIsra Iran  dibunuh oleh putranya sendiri, serta membatalkan perintah penangkapan atas Nabi Besar Muhammad saw..

Rasul Akhir Zaman & Kajayaan Islam Kedua Kali

       Mengenai ayat selanjutnya  -- dan juga pernyataan  Allah Swt.  yang sama dalam Surah Ash-Shaff ayat 10  —firman-Nya::
ہُوَ الَّذِیۡۤ  اَرۡسَلَ رَسُوۡلَہٗ  بِالۡہُدٰی وَ دِیۡنِ الۡحَقِّ لِیُظۡہِرَہٗ عَلَی الدِّیۡنِ کُلِّہٖ ۙ وَ لَوۡ کَرِہَ  الۡمُشۡرِکُوۡنَ﴿﴾
Dia-lah Yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang haq (benar), supaya Dia mengunggulkannya atas semua agama walau pun orang-orang musyrik tidak menyukainya     (At-Taubah [9]:33).   
      Para mufassir (ahli tafsir) Al-Quran sepakat bahwa, seperti dikemukakan dalam sebuah hadits  Nabi Besar Muhammad saw., kemenangan Islam  yang kedua kali -- setelah  mengalami masa kemunduran  selama 1000 tahun (QS.31:6; QS.17:86-89) sejak 3 abad masa kejayaan Islam yang pertama --   akan terjadi di masa Masih Mau’ud a.s.  (Tafsir Ibnu Jarir), ketika  semua agama yang beraneka ragam akan bangkit dan akan berusaha sekeras-kerasnya untuk menyiarkan ajaran mereka sendiri.
        Di Akhir Zaman ini  melalui  perjuangan Rasul Akhir Zaman  dan Jemaat Ilahi yang beliau dirikan (Jemaat Ahmadiyah),  cita-cita dan asas-asas Islam yang luhur sudah mulai semakin bertambah diakui, dan hari  Kejayaan Islam yang kedua kali tersebut tidak jauh lagi  ketika Islam akan memperoleh kemenangan atas semua agama lainnya  -- tanpa melalui  peperangan secara fisik  atau dengan cara-cara kekerasan  (QS.2:257; QS.10:100; QS.11:119; QS.18:30; QS.76:4) -- dan pengikut-pengikut agama-agama itu akan masuk ke dalam haribaan Islam dalam jumlah besar  (QS.110:1-4), sehingga “kehidupan surgawi” atau “bumi baru dan langit baru” (QS.14:49-52) akan kembali terwujud.
    Kenapa demikian? Sebab  para “Rasul Allah” yang kedatangannya yang kedua kali sedang  ditunggu-tunggu oleh para pengikut agama-agama  -- dengan nama yang berlainan -- benar-benar telah datang dalam wujud Rasul Akhir Zaman (QS.39:70; QS.77:12-20), yang muncul dari kalangan umat Islam (QS.3:32; QS.5:70-71), yakni Mirza Ghulam Ahmad a.s. atau misal Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. (QS.43:58) atau Al-Masih Mau’ud a.s., yang sekaligus juga merupakan pengutusan (kebangkitan) kedua kali Nabi Besar Muhammad saw. di kalangan kaum ākharīn, firman-Nya:
ہُوَ الَّذِیۡ  بَعَثَ فِی  الۡاُمِّیّٖنَ  رَسُوۡلًا مِّنۡہُمۡ  یَتۡلُوۡا عَلَیۡہِمۡ  اٰیٰتِہٖ  وَ  یُزَکِّیۡہِمۡ وَ  یُعَلِّمُہُمُ  الۡکِتٰبَ وَ  الۡحِکۡمَۃَ ٭ وَ  اِنۡ کَانُوۡا مِنۡ  قَبۡلُ  لَفِیۡ ضَلٰلٍ  مُّبِیۡنٍ ۙ﴿﴾       وَّ اٰخَرِیۡنَ مِنۡہُمۡ  لَمَّا یَلۡحَقُوۡا بِہِمۡ ؕ وَ ہُوَ  الۡعَزِیۡزُ  الۡحَکِیۡمُ ﴿﴾  ذٰلِکَ فَضۡلُ اللّٰہِ یُؤۡتِیۡہِ مَنۡ یَّشَآءُ ؕ وَ اللّٰہُ  ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِیۡمِ ﴿﴾
Dia-lah Yang telah membangkitkan di kalangan bangsa yang buta huruf  seorang rasul dari antara mereka, yang membacakan kepada mere-ka Tanda-tanda-Nya, mensucikan mereka, dan mengajarkan kepada me-reka Kitab dan Hikmah walaupun sebelumnya mereka berada dalam ke-sesatan yang nyata,   Dan juga Dia akan membangkitkannya pada kaum lain dari antara mereka, yang belum bertemu dengan mereka.  Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.   Itulah karunia Allah, Dia menganugerahkannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allāh mempunyai karunia yang besar. (Al-Jumu’ah [62]:3-5).

Reaksi  Nabi Besar Muhammad Saw. Ketika Mendengar
Surah An-Nisa ayat 42 yang Ditilawatkan Seorang Sahabah

     Jadi, kembali kepada  firman Allah Swt. kepada  Nabi Besar Muhammad saw. sebelum ini dalam Bab 120:
فَکَیۡفَ اِذَا جِئۡنَا مِنۡ کُلِّ اُمَّۃٍۭ بِشَہِیۡدٍ وَّ جِئۡنَا بِکَ عَلٰی ہٰۤؤُلَآءِ شَہِیۡدًا ﴿ؕ﴾ یَوۡمَئِذٍ یَّوَدُّ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡا وَ عَصَوُا الرَّسُوۡلَ لَوۡ تُسَوّٰی بِہِمُ الۡاَرۡضُ ؕ وَ لَا یَکۡتُمُوۡنَ اللّٰہَ  حَدِیۡثًا﴿٪﴾
Maka bagaimana keadaan mereka  apabila Kami mendatangkan seorang saksi dari setiap umat, dan Kami  mendatangkan engkau sebagai saksi terhadap mereka ini semuanya?   Pada hari itu  orang-orang  kafir dan yang mendurhakai Rasul,  me-reka menginginkan seandainya bumi disamaratakan  dengan mereka, dan mereka tidak akan dapat menyembunyikan sesuatu apa pun  dari Allah. (An-Nisa [4]:42-43). 
      Tiap-tiap nabi (rasul) Allah akan menjadi saksi pada Hari Pembalasan mengenai tanggapan kaum yang terhadap mereka beliau diutus sebagai rasul. Kata  mereka ini mencakup orang-orang beriman  dan orang-orang kafir hanya saja sifat kesaksian itu akan berbeda dalam perkara-perkara yang berlainan.
Berkenaan dengan firman Allah Swt. tersebut,  dalam  hadits Bukhari  diterangkan bagaimana  reaksi  Nabi Besar Muhammad saw. ketika beliau saw. mendengar ayat  An-Nisa ayat 42    ditilawatkan oleh salah seorang sahabat beliau saw.. Ada pun terjemahan hadits tersebut adalah:
Telah menceritakan kepada kami Shadaqah, telah mengabarkan kepada kami Yahya dari Sufyan dari Sulaiman dari Ibrahim dari 'Abidah dari 'Abdullah berkata; Yahya -- sebagian Hadits -- dari 'Amru bin Murrah dia berkata: Nabi shallallāhu 'alaihi wasallam bersabda kepadaku: "Bacakanlah Al-Quran kepadaku.” Aku berkata: Bagaimana aku membacakan kepada engkau, padahal Al-Quran diturunkan kepada engkau? Beliau menjawab: "Sesungguhnya aku suka mendengarkannya dari orang lain." Lalu aku membacakan kepada beliau surat An Nisa hingga tatkala sampai ayat:
فَکَیۡفَ اِذَا جِئۡنَا مِنۡ کُلِّ اُمَّۃٍۭ بِشَہِیۡدٍ وَّ جِئۡنَا بِکَ عَلٰی ہٰۤؤُلَآءِ شَہِیۡدًا
 Maka bagaimanakah apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan engkau (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu”   (An Nisa; 42),   Beliau berkata: 'Cukup.' Dan ternyata beliau mencucurkan air mata (menangis)” (Hadits Bhukhari No.4216).
     Jadi, betapa besarnya tanggungjawab para Rasul Allah – terutama Nabi Besar Muhammad saw.,  itulah sebabnya dalam  mengemban (memikul) “amanat” (syariat Islam)  tersebut beliau saw. dalam melaksanakannya benar-benar telah berlaku zalum (sangat aniaya)  dan jahil (sangat abai) terhadap diri beliau saw. sendiri (QS.33:73),  firman-Nya:
لَعَلَّکَ بَاخِعٌ نَّفۡسَکَ اَلَّا یَکُوۡنُوۡا مُؤۡمِنِیۡنَ ﴿﴾  اِنۡ نَّشَاۡ نُنَزِّلۡ عَلَیۡہِمۡ مِّنَ السَّمَآءِ  اٰیَۃً فَظَلَّتۡ اَعۡنَاقُہُمۡ  لَہَا خٰضِعِیۡنَ ﴿﴾  
Boleh jadi engkau akan membinasakan diri sendiri  karena mereka tidak mau beriman.  Jika Kami menghendaki, Kami dapat menurunkan kepada mereka suatu Tanda dari langit  sehingga leher-leher mereka akan tertunduk kepadanya. (Asy-Syu’arā [26]:4-5). 

Peringatan Keras Allah Swt.  Berkenaan  Trinitas  dan “Penebusan Dosa

     Kesedihan Nabi Besar Muhammad saw. berkenaan itikad “Trinitas” dan penebusan dosa” yang diajarkan  oleh Paulus dalam Surat-surat  kirimannya (QS.18:1-7) tidak dibiarkan berlarut-larut oleh Allah Swt.,  karena di Akhir Zaman ini melalui misal Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. (QS.43:58)  atau Al-Masih Mau’ud a.s. Muhammadi  atau Imam Mahdi a.s.,  masalah  “memecahkan  agama Salib  -- yaksiru shalib” -- tersebut  benar-benar  mulai dapat “dipecahkan” berdasarkan ayat-ayat Al-Quran yang kebenarannya tidak dapat dibantah.
      Kenyataan tersebut  pada hakikat merupakan Sunnatullah bahwa   Allah Swt. pun akan bertanya -- yakni meminta pertanggungjawaban  -- kepada Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. dan kaum beliau  sehubungan dengan  munculnya  ajaran Paulus mengenai Trinitas dan Penebusan Dosa, yang bertentangan dengan  agama Tauhid yang diwariskan oleh Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ya’qub a.s. kepada anak-keturunannya,  firman-Nya:
وَ قَالُوا  اتَّخَذَ  الرَّحۡمٰنُ  وَلَدًا ﴿ؕ﴾   لَقَدۡ  جِئۡتُمۡ  شَیۡئًا  اِدًّا ﴿ۙ﴾  تَکَادُ السَّمٰوٰتُ یَتَفَطَّرۡنَ مِنۡہُ وَ تَنۡشَقُّ الۡاَرۡضُ وَ تَخِرُّ الۡجِبَالُ ہَدًّا ﴿ۙ﴾ اَنۡ  دَعَوۡا  لِلرَّحۡمٰنِ  وَلَدًا ﴿ۚ﴾  وَ مَا یَنۡۢبَغِیۡ لِلرَّحۡمٰنِ اَنۡ  یَّتَّخِذَ  وَلَدًا ﴿ؕ﴾  اِنۡ کُلُّ مَنۡ فِی السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ  اِلَّاۤ اٰتِی  الرَّحۡمٰنِ  عَبۡدًا ﴿ؕ﴾  لَقَدۡ  اَحۡصٰہُمۡ  وَ عَدَّہُمۡ  عَدًّا ﴿ؕ﴾  وَ  کُلُّہُمۡ  اٰتِیۡہِ  یَوۡمَ الۡقِیٰمَۃِ   فَرۡدًا ﴿﴾
Dan mereka  berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah telah meng­ambil seorang anak laki-laki."   Sungguh  kamu benar-benar telah mengucapkan sesuatu  yang  sangat mengerikan.   Hampir-hampir seluruh langit pecah   karenanya, bumi terbelah, dan gunung­-gunung runtuh berkeping-keping,  karena mereka menyatakan   Tuhan Yang Maha Pemurah punya  anak laki-laki.   Padahal sekali-kali tidak layak bagi Tuhan Yang  Maha Pemurah, mengambil seorang anak laki-laki.   Tidak  ada seorang pun di se­luruh  langit dan bumi melainkan ia akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai hamba.  Sungguh Dia benar-benar  mengetahui jumlah  mereka dan menghitung mereka dengan   menyeluruh.   Dan setiap mereka akan datang kepada-Nya pada Hari Kiamat sendiri-sendiri. (Maryam [18]:89-96).
  Arti ayat   تَکَادُ السَّمٰوٰتُ یَتَفَطَّرۡنَ مِنۡہُ وَ تَنۡشَقُّ الۡاَرۡضُ وَ تَخِرُّ الۡجِبَالُ ہَدًّا  --  Hampir-hampir seluruh langit pecah   karenanya, bumi terbelah, dan gunung­-gunung runtuh berkeping-keping,” paham bahwa Yesus anak Allah itu begitu mengerikan, sehingga seluruh langit, bumi, dan gunung-gunung dapat hancur berkeping-keping dan rebah ke tanah karena kejinya kepercayaan itu.
 Kepercayaan itu sangat menjijikkan wujud­-wujud samawi (as-samawat) oleh karena berlawanan dengan Sifat-sifat Ilahi dan bertentangan dengan segala yang wujud-wujud samawi itu bela dan muliakan. Kepercayaan ini menjijikkan manusia yang mendiami bumi (al-ardh) sebab hal ini bertentangan dengan tuntutan fitrat serta kecerdasan otak manusia sejati, dan akal manusia menolak dengan perasaan kecewa terhadap paham demikian itu.
 Orang-orang yang memiliki cita-cita tinggi dan mulia seperti para nabi Allah dan para pilihan Tuhan (al-jibāl/gunung-gunung) menentangnya juga   menolak dan menentangnya,  sebab anggapan bahwa  manusia memerlukan pengurbanan orang lain  -- melalui kematian terkutuk  di atas salib sebagai penebusan dosa  -- untuk memperoleh keselamatan dan mencapai tingkat akhlak tinggi  adalah bertentangan dengan pengalaman ruhani mereka (para nabi  Allah    dan para waliullah) sendiri.
  Surah ini berisikan pencelaan yang paling keras dan lugas terhadap 'itikad-'itikad Kristen, terutama kepercayaan mereka yang pokok bahwa Yesus anak Allah, satu kepercayaan dusta yang darinya terbit semua 'itikad lainnya; tekanan istimewa telah diberikan kepada penolakan dan pencelaan terhadap kepercayaan ini  اَنۡ  دَعَوۡا  لِلرَّحۡمٰنِ  وَلَدًا    --   “karena mereka menyatakan   Tuhan Yang Maha Pemurah punya  anak laki-laki,   وَ مَا یَنۡۢبَغِیۡ لِلرَّحۡمٰنِ اَنۡ  یَّتَّخِذَ  وَلَدًا  -- padahal sekali-kali tidak layak bagi Tuhan Yang  Maha Pemurah, mengambil seorang anak laki-laki.

Bertentangan dengan Sifat Al-Rahmān (Maha Pemurah)  Allah Swt.

 Perlu mendapat perhatian khusus bahwa sifat Ar-Rahmān (Maha Pemurah) telah berulang-ulang disinggung dalam Surah ini — sifat itu telah disebutkan sebanyak 16 kali, karena 'itikad Kristen yang pokok ialah pengakuan kepada Yesus sebagai anak Allah dan akibat-akibatnya,  yaitu 'itikad penebusan dosa mengandung arti penolakan terhadap sifat Ar-Rahmān (Maha Pemurah) Allah Swt..
Dan karena pokok pembahasan utama Surah Maryam ini ialah  bantahan terhadap ‘itikad  Trinitas dan penebusan dosa  maka sudah seharusnya Sifat-sifat Ilahi Ar-Rahmān (Maha Pemurah) itu disebut dengan berulang-ulang. 'Itikad penebusan dosa yang mengandung arti bahwa Allah  Swt.  tidak dapat mengampuni dosa-dosa manusia, padahal sifat Ar-Rahmān (Maha Pemurah) Allah Swt. menghendaki bahwa Dia dapat dan memang sering mengampuni manusia, itulah sebabnya Sifat Ar-Rahmān (Maha Pemurah) berulang kali disebut dalam Surah  Maryam.
 Lebih lanjut Allah Swt. menyatakan bahwa  Tuhan Yang bersifat Rahmān (Maha Pemurah) itu tidak memerlukan anak untuk menolong-Nya atau menggantikan-Nya, sebab Dia adalah Pemilik seluruh langit dan bumi dan kerajaan-Nya meliputi seluruh alam, dan juga karena semua orang adalah hamba-Nya, dan Yesus pun adalah salah seorang dari antara mereka., itulah makna ayat  اِنۡ کُلُّ مَنۡ فِی السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ  اِلَّاۤ اٰتِی  الرَّحۡمٰنِ  عَبۡدًا -- “Tidak  ada seorang pun di se­luruh  langit dan bumi melainkan ia akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai hamba.
 Selanjutnya Allah Swt. menyatakan dengan tegas,  bahwa semua orang yang mempercayai “trinitas” dan “penebusan  dosa” akan diminta pertanggungjawaban amal perbuatannya masing-masing yakni mereka  akan “ditanyai” Allah Swt.:
لَقَدۡ  اَحۡصٰہُمۡ  وَ عَدَّہُمۡ  عَدًّا ﴿ؕ﴾   وَ  کُلُّہُمۡ  اٰتِیۡہِ  یَوۡمَ الۡقِیٰمَۃِ   فَرۡدًا ﴿﴾
“Dan sungguh Dia benar-benar  mengetahui jumlah  mereka dan menghitung mereka dengan   menyeluruh.   Dan setiap mereka akan datang kepada-Nya pada Hari Kiamat sendiri-sendiri.” (Maryam [19]:95-96).

Dialog Allah Swt. dengan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. &
Bantahan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s.

      Berikut adalah pertanyaan yang diajukan Allah Swt. kepada Nabi Isa Ibnu Maryam berkenaan munculnya itikad “Trinitas” dan “penebusan dosa” sepeninggal beliau, firman-Nya:
وَ  اِذۡ قَالَ اللّٰہُ یٰعِیۡسَی ابۡنَ مَرۡیَمَ  ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِیۡ وَ اُمِّیَ  اِلٰہَیۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰہِ ؕ قَالَ سُبۡحٰنَکَ مَا یَکُوۡنُ لِیۡۤ  اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَیۡسَ لِیۡ ٭ بِحَقٍّ ؕ؃ اِنۡ کُنۡتُ قُلۡتُہٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَہٗ ؕ تَعۡلَمُ  مَا فِیۡ نَفۡسِیۡ وَ لَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِیۡ نَفۡسِکَ ؕ اِنَّکَ اَنۡتَ عَلَّامُ  الۡغُیُوۡبِ ﴿﴾ مَا قُلۡتُ لَہُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِیۡ بِہٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰہَ رَبِّیۡ وَ رَبَّکُمۡ ۚ وَ کُنۡتُ عَلَیۡہِمۡ  شَہِیۡدًا مَّا دُمۡتُ فِیۡہِمۡ ۚ فَلَمَّا تَوَفَّیۡتَنِیۡ  کُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِیۡبَ عَلَیۡہِمۡ ؕ وَ  اَنۡتَ عَلٰی کُلِّ  شَیۡءٍ  شَہِیۡدٌ ﴿﴾
Dan ingatlah ketika Allah berfirman: “Hai ‘Isa ibnu Maryam, apakah engkau telah berkata kepada manusia: Jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan  selain Allah?" Ia berkata: “Maha Suci Engkau. Tidak patut bagiku mengatakan  apa yang sekali-kali  bukan hakku. Jika  aku telah mengatakannya maka sungguh  Engkau mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada dalam diriku, sedangkan aku tidak mengetahui apa yang ada dalam diri Engkau,   sesungguhnya Engkau benar-benar Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku sekali-kali tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang telah Engkau perintahkan kepadaku, yaitu:  Beribadahlah kepada Allah, Rabb-ku (Tuhan-ku) dan Rabb (Tuhan) kamu.” Dan aku menjadi saksi atas mereka selama aku berada di antara mereka, tetapi tatkala  Engkau telah mewafatkanku  maka Engkau-lah Yang benar-benar menjadi Pengawas atas mereka, dan Engkau adalah Saksi atas segala sesuatu. (Al-Māidah [5]:117-118). 

Bersambung)

Rujukan: The Holy Quran
Editor: Malik Ghulam Farid
***
Pajajaran Anyar,   20 Desember    2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar